Selasa, 13 November 2012

Pada dasarnya setiap orang bisa berkreasi. Setiap orang dibekali jiwa seni dan otak sebelah kanan untuk mengeksplorasi berbagai hal di lingkungannya. Hanya saja, dari karunia Allah atas kecerdasan kreatif ini banyak yang menyia-nyiakannya. Padahal, dengan mencobanya saja, Anda pun bisa menciptakan banyak hal yang bermanfaat dan memberi kontribusi kepada banyak hal, misalnya bagi lingkungan dan pemanfaatan limbah.

Salah satu daya kreativitas yang bisa Anda ciptakan ialah membuat lampu hias yang unik dari bahan tak terpakai. Bahannya sangat mudah ditemukan, terutama dari limbah dapur rumah Anda, mulai dari limbah biji atau kulit dari buah avokad, salak, jeruk, petai, jagung, hingga rumput-rumputan dan akar-akaran. Tentu tidak sulit untuk mendapatkan semua bahan tersebut, sekalipun tidak tersedia di rumah Anda.

Hasil kreasi lampu hias ini akan sangat eksotis karena memancarkan cahaya laksana lembayung dan temaram yang menghiasi ruang atau kamar Anda. Elemen visual yang dihasilkan sangat berpengaruh sekali bagi suasana rumah Anda karena terdapat efek-efek yang menarik dari pantulannya. Anda bisa menciptakan lampu duduk, lampu berdiri, lampu tempel, dan lampu gantung yang disesuaikan fungsionalitas dan estetikanya.

Anda bisa melihat contohnya pada gambar berikut ini.

lampu-hias1 lampu-hias1 lampu-hias1

Bagaimana cara membuatnya? Inilah yang akan dijelaskan dalam buku Kreasi Lampu Unik dari Bahan Tak Terpakai  terbitan TransMedia Pustaka. Buku ini akan memandu Anda dari A sampai Z dalam membuat aneka lampu hias dari bahan-bahan limbah secara praktis dan mudah.

Buku ini disusun oleh Andry Masri, dosen Desain Produk FSRD ITENAS Bandung. Ia memiliki kecintaan besar terhadap dunia kreasi kerajinan dan kini sedang menjadi tenaga ahli di bidang industri kreatif yang bekerja sama dengan Deperindag. Tentu profesionalitasnya di bidang seni memiliki dasar yang cukup kuat dalam menciptakan karya seni berbasis kerajinan, seperti kreasi lampu hias dari limbah dapur ini.

Penulis tidak hanya menunjukkan cara membuat lampu hias ini, tapi juga memberikan jalan berpikir yang kreatif, inovatif, dan estetis dalam memahami sebuah karya seni. Pada akhirnya, Anda tidak hanya mengetahui cara pembuatannya, tapi juga memahami nilai-nilai pilosofi di dalamnya sebagai sebuah karya seni yang bernilai.

0 komentar:

Posting Komentar